Highlighted
radhityo31
Kakak Kelas
Posts: 119
Join: Sep 8, 2017

Beberapa trik whatsapp yang bisa dicoba

Siapa, sih, yang tidak pakai WhatsApp untuk berkomunikasi? Aplikasi instant messaging/voice call/video call satu ini bisa dibilang merupakan metode komunikasi digital primer kita. Tapi kalau hanya memakai WhatsApp untuk chat atau group chat biasa tanpa memanfaatkan feature lain, berarti Anda belum menggunakannya dengan optimal. Trik yang mungkin sudah pernah Anda dengar sebelumnya tapi belum pernah dicoba ini pasti akan mempermudah urusan komunikasi.

1.
Membuat teks italic, bold, dan strikethrough
Trik ini bukan hal baru, tapi masih banyak yang suka lupa bahwa teks di WhatsApp bisa diformat demikian. Cukup ketik simbol sebelum dan sesudah kata untuk membuatnya menjadi italic, bold, atau strikethrough. Ketik _ sebelum dan sesudah kata untuk membuat italic (misal, _kata_), ketik * sebelum dan sesudah kata untuk membuat bold (misal, *kata*), dan ketik ~ sebelum dan sesudah kata untuk membuat strikethrough (misal, ~kata~).

2.
Menyimpan transkrip percakapan
Mengambil screenshot tak akan memuat keseluruhan isi percakapan, jadi jika Anda memerlukan isi percakapan WhatsApp secara keseluruhan, pilih Menu, pilih More, lalu pilih Email chat. Format percakapan WhatsApp sudah berubah menjadi dokumen teks yang bisa diunduh dan dikirim via email.

3.
Menyimpan pesan penting
Supaya tak perlu scroll terlalu jauh ke bawah saat mencari pesan penting, ketuk dan tahan pesan yang dimaksud, lalu ketuk ikon bintang di atas layar. Untuk melihat kembali pesan yang sudah diberi bintang, pilih Menu, dan pilih Starred messages.
Lebih praktis kalau suatu saat perlu.

4.
Mengetahui apakah lawan bicara sudah membaca pesan
Bukan hanya Anda yang mematikan Read receipt sehingga tanda ceklis tak akan berubah menjadi biru walau pesan sudah dibaca, banyak orang lain pun demikian. Jika lawan bicara mematikan Read receipt sehingga Anda tak tahu apakah ia sudah membaca pesan Anda atau belum (atau sudah baca tapi sengaja tak dibalas), coba cara ini: kirim voice recording. Bisa betulan ada isinya (misalnya dengan mengatakan, “Please reply ASAP, urgent!”), atau pura-pura terpencet atau salah kirim. Yang penting, begitu voice recording itu sampai di lawan bicara dan ia sudah mendengar pesan suara Anda, tanda ceklis akan berubah menjadi biru walaupun Read receipt-nya dimatikan.
Voice recording tetap biru.

5.
Membaca pesan tanpa ceklis biru
Jika karena satu dan lain hal Anda tak mungkin mematikan Read receipt, ada cara lain untuk membaca pesan tanpa tanda ceklis biru di pengirim. Begini caranya: Ketika Anda menerima pesan, jangan dibuka. Masuk ke menu Setting di ponsel Anda, aktifkan Airplane mode. Dengan Airplane mode menyala, baca pesan yang dimaksud. Setelah selesai membaca, tutup dan keluar dari WhatsApp, dan lakukan clear atau kill apps. Nonaktifkan kembali Airplane mode. Cara ini membuat pesan Anda masih tertanda unread.

6.
Penghentian layanan WhatsApp pada beberapa OS
Ini trik agar Anda tetap **bleep** WhatsApp seterusnya. WhatsApp berencana menghentikan layanan untuk beberapa sistem operasi lama mulai awal 2017. OS yang dimaksud adalah Android versi 2.1 dan 2.2, iPhone 3GS atau iOS 6, serta Windows 7. Kalau Anda masih pakai salah satunya, segera upgrade ponsel dan OS daripada nantinya tak bisa berkomunikasi nirkabel lagi.