Highlighted
bonekon
Anak Lama
Posts: 190
Join: Apr 19, 2017

Cerita Di Balik Nama-Nama Tempat di Indonesia

Indonesia punya segudang cerita. Dari misterinya, lanskapnya, orang-orangnya yang berprestasi dan banyak lagi lainnya. Kayaknya setiap hal di Indonesia punya keunikan sendiri untuk dibahas. Bahkan sampe nama tempat pun layak diceritain. Kalo gak percaya, baca nih:

Bandung

kamis1.pngKota Bandung adalah kota yang menyenangkan dan menenangkan. Well, setidaknya pas hari biasa. Bukan weekend. Kotanya yang sejuk juga melahirkan cewek-cewek lucu yang enak dilihat.

Tahukah kamu darimana asal nama Bandung?

Konon katanya, nama “Bandung berasal dari kata bendung atau bendungan karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu yang lalu membentuk telaga.

Legendanya nih, nama ini diambil diambil dari sebuah kendaraan air yang terdiri dari dua perahu yang diikat berdampingan yang disebut perahu bandung yang digunakan oleh Bupati Bandung, R.A. Wiranatakusumah II, untuk melayari Ci Tarum dalam mencari tempat kedudukan kabupaten yang baru untuk menggantikan ibukota yang lama di Dayeuhkolot.

Pasti baru pada tau kan?

Surabaya

kamis2.jpgSalah satu kisah dibalik nama tempat yang paling seru di Indonesia, tentu saja adalah Surabaya. Ibukota Jawa Timur ini punya cerita mitos yang keren. Kalo kamu pernah ke Surabaya, pasti pernah deh melihat semacam tugu dimana Hiu bergelut dengan Buaya. Dari situlah asal nama kota ini.

Alkisah, ada Ikan Hiu bernama Sura dan seekor Buaya yang sama-sama kuat dan sama-sama rakus. Dua binatang ini membuat perjanjian untuk tak pernah berebut wilayah. Well, karena mereka seharusnya sudah cukup puas dengan jatah masing-masing.

Nah, tapi suatu hari si Sura mengingkari dan mengambil makan di tempat Buaya. Keduanya pun berantem. Sampe air di sekitarnya berwarna merah karena darah yang dikeluarin. Pertempuran ini akhirnya dimenangin oleh Buaya yang lebih hebat.

Cerita ini sangat berkesan sampe rakyat Surabaya menamakan kotanya dari cerita rakyat ini.

Pontianak

kamis3.jpgNama yang satu ini lumayan unik, karena bukan cuma cerita rakyat, tapi juga nyambung dengan hantu rakyat. Konon nama Pontianak asalnya dari Bahasa Melayu, yang ada hubungannya dengan Kuntilanak.

Kabarnya, Syarif Abdurrahman, pendiri kerajaan Pontianak sering diganggu oleh Kuntilanak waktu lagi menyusuri sungai Kapuas. Uniknya, Syarif Abdurrahman sampe terpaksa ngelepasin tembakan meriam buat ngusir Kuntilanak itu. Di mana meriam itu jatuh, disitulah kesultanan didirikan.

Tempat itulah yang kini jadi Pontianak. Luar biasa juga ya.

Raja Ampat

kamis4.jpgKeindahan Raja Ampat udah gak usah diraguin lagi. Gak perlu berada di sana, cukup lihat foto-fotonya, kamu udah bisa membayangkan gimana kerennya tempat tersebut.

Nama dibalik Raja Ampat ternyata lucu juga. Dikisahkan, ada sepasang suami istri yang menemukan enam telur naga. Tanpa berpikir panjang, mereka membawa pulang telur tersebut.

Nah, dari keenam telur naga ini menetaslah lima manusia yang empat diantaranya menjadi raja di empat pulau yang besar.  War diangkat raja di Waigeo, Betani diangkat di Salawati, Dohar di Lilinta, dan Mohamad di Waiga.

Oh iya, bagaimana nasib satu lagi? Yang satu terakhir, gagal menetas dan disimpan sebagai penghormatan.

Keren ya. Pasti banyak yang gak tahu cerita di atas. Ternyata, banyak hal yang masih belum diketahui tentang Indonesia. Gimana menurut kamu? Kamu punya cerita tentang asal nama kotamu? Cerita dong di Balas Thread