Highlighted
MasAdam
Adik Kelas
Posts: 14
Join: May 2, 2017

Minuman HITZ khas daerah yang pas buat ngebatalin puasa

Panas-panas gini enaknya buka sama yang manis dan seger. Tapi, bosen gak sih kalo menunya itu-itu aja: kolak pisang, es timun suri, es buah. Cobain deh 5 kuliner HITZ  yang khas dari berbagai daerah di Indonesia ini. Kadang ada yang jual di pinggir jalan tapi kalo kamu gak nemu, yaudah bikin sendiri aja.


Disclaimer: kamu bakal liat gambar yang enak-enak di bawah ini, tahan ya!

 

Es Oyen

Es oyen ini sebenarnya mirip es campur pada umumnya. Awalnya es ini dijajakan keliling pake gerobak oleh Pak Oyen di Bandung. Tapi, karena makin banyak yang suka ama es ini, Pak Oyen kemudian mendirikan warung yang bernama Pak Oyen 18.
Es yang isinya adalah buah nangka, kelapa muda, alpukat dan pacar cina ini pas banget buat jadi hidangan buka puasa. Gak perlu jauh-jauh ke Bandung buat nikmatin es ini karena udah banyak yang menjajakan es ini di berbagai kota. Kamu udah pernah cobain?11 Juni - Hidangan yang Nge-HITZ di Bulan Puasa (2).jpg

 

Es kacang merah

Siapa bilang kacang merah cuma enak kalo disajiin hangat-hangat di dalam sup? Di Palembang dan Manado, kacang merah bisa dipakai buat jadi sajian es yang menggugah selera.

Bedanya, kalo di Palembang, kacang merah dipadukan dengan es serut dan siraman sirup pandan. Sedangkan, kalo di Manado, penyajian es kacang merah dicampur dengan es serut dan susu kental manis vanilla dan cokelat. Kebayang gak sih, tekstur kacang merah gak crunchy dan gak lembek juga terus dicampur dengan sensasi manis dari sirup dan susu kental manis?11 Juni - Hidangan yang Nge-HITZ di Bulan Puasa (1).jpg

  

Es lidah buaya

Lidah buaya adalah tumbuhan yang cenderung gampang tumbuh bahkan di tempat yang kering sekalipun. Gak perlu perawatan yang terlalu ribet buat mengurus tumbuhan ini, makanya banyak yang menanamnya di pekarangan rumah.
Walaupun gampang ditanam, lidah buaya mengandung banyak zat bermanfaat, antara lain: anti bakteri, anti inflamasi dan mengobati panas dalam. Gak heran, banyak orang yang menjadikan lidah buaya sebagai bahan utama hidangan, termasuk di antaranya untuk dibuat es lidah buaya. Kamu cuma perlu tambahin es batu, selasih, kolang-kaling dan sirup. Gampang kan? Yuk, cobain buat takjil buka puasa hari ini.11 Juni - Hidangan yang Nge-HITZ di Bulan Puasa (3).jpg

 

Es selendang mayang

 

Es yang satu ini asalnya dari Jakarta dan bakal gampang ditemui di masa ulangtahun Jakarta kaya sekarang ini. Minuman satu ini rasanya khas banget, karena selain manis, es selendang mayang ini juga seger banget.
Es yang disebut sebagai minuman Betawi jadul ini merupakan perpaduan kuah santan, gula dan potongan selendang mayang yang terbuat dari sagur, tepung beras dan hunkwe. Tekstur selendang mayang yang lembut ngebuat minuman ini gak cuma disukai dengan anak kecil tapi juga dengan orang dewasa. Mumpung Jakarta lagi mau ulangtahun, kamu yang di Jakarta cobain es satu ini deh buat takjil buka puasa. 

 

Wedang Cemue 

Buat kamu yang gak suka minuman yang dingin buat jadi takjil buka puasa, kamu boleh nih cobain wedang cemue. Minuman ini asalnya dari Ngawi, sebuah kabupaten yang ada di Jawa Timur. Kurang lebih rasa kuahnya sih sama kaya wedang ronde di Solo atau sekoteng di Jawa Barat.
Bedanya, wedang cemue topping-nya berupa bawang goreng yang menghasilkan rasa unik dan menyegarkan di lidah. Menarik kan? Cobain wedang yang hangat ini buat jadi teman buka puasa kamu.11 Juni - Hidangan yang Nge-HITZ di Bulan Puasa (5).jpg

 

 Seger banget ya keliatannya, eh tapi jangan lupa ya batalinnya saat abis adzan maghrib Smiley Senang